Senin, 23 Februari 2009

Google Adsense - Persiapan


Salah satu hal yang sulit untuk memulai Google Adsense adalah mendapat persetujuan Google atas website atau blog anda. Kunci utamanya adalah mempersiapkan segalanya sebelum mengajukan pendaftaran. Anda tidak dapat menayangkan Adsense sebelum account anda.


Hal pertama sekali yang anda lakukan adalah membaca Terms Of Service (TOS) Google. Bila situs anda tidak memenuhi persyaratan yang digariskan oleh Google, anda akan ditolak. Selanjutnya pula, bahkan setelah anda disetujui dan anda mulai menayangkan Adsense di situs anda, jika anda melanggar TOS, anda akan dikeluarkan dan di-banned (dilarang ikut) dari program ini. Secara khusus, anda disarankan membaca Program Policies, yang dapat anda temukan di http://www.google.com/adsense. Arahkan ke bagian bawah laman tersebut dan klik link Program Policies disitu.

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah bahwa Google tidak akan menerima situs yang belum lengkap. Artinya, situs anda tidak memiliki laman “under construction”. Semua laman harus lengkap dan semua link harus berfungsi. Pastikan bahwa semua grafik juga terlihat dengan sempurna, karena bahkan grafik yang tidak lengkap juga bisa menyebabkan anda ditolak.
Google juga memiliki serangkaian Quality Guidelines yng harus dipenuhi sebelum anda disetujui. Garis panduan ini, seiring dengan program policies, memberitahukan secara mendetail apa yang boleh dan tidak boleh pada situs anda, dan apa yang diharapkan dari anda dan situs anda agar anda memenuhi kualifikasi mendapat account Google Adsense. Anda dapat melihat garis panduan ini di Webmaster Guidelines. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh penayang Adsense adalah tidak membaca TOS, Program Policies, dan Webmaster Guidelines tersebut. Google sangat serius tentang aturan ini. Orang sering melangkahi membaca aturan ini - bekerja keras membuat website hanya untuk ditolak oleh Google, atau bila disetujui, namun kelak dikeluarkan dari program ini. Jangan biarkan hal ini terjadi pada anda. Aturan ini bukan sekedar anda patuhi agar anda disetujui, tetapi harus selalu dipatuhi agar anda tetap dapat berpartisipasi dalam program ini. Jangan buat diri anda susah payah membangun situs anda hanya untuk dikeluarkan kelak dari program ini. Dan ingat, Google sangat serius tentang hal ini.
Apabila anda telah membaca aturan tersebut dan pastikan anda memahaminya, persiapan selanjutnya adalah melakukan riset kecil untuk mencari topik yang paling menguntungkan buat anda, dan setelah itu membangun website. Ingat anda hanya perlu mendapat persetujuan untuk sebuah website dan selanjutnya anda bisa menayangkan Adsense di sebanyak-banyaknya situs anda untuk berbagai topik dari account yang telah disetujui tersebut.
Bagi sebagian orang mungkin hanya perlu membuat website atau blog tanpa melakukan riset agar dapat disetujui, anda perlu pertimbangkan untuk bersabar sedikit dengan melakukan riset, kemudian buatlah website atau blog yang dapat anda gunakan untuk menggapai target dengan keyword yang bernilai tinggi. Hal ini terserah kepada anda sepanjang website atau blog anda mendapat account dari Google Adsense. Dan cara termudah untuk membangun blog saat ini adalah melalui blogger.com. Dan, jangan lupa, blogger.com juga dimiliki oleh Google!
 

©2009 Adsense | by TNB