Senin, 23 Februari 2009

Menjalankan Google Adsense

Selamat! Sekarang account Google Adsense anda telah disetujui, dengan membuat situs yang dengan mudah disetujui oleh Google, dan anda telah memilih topik bernilai tinggi untuk situs anda, dan saatnya anda bekerja dan membangun website Adsense yang menguntungkan

Situs anda harus penuh dengan konten yang menggunakan keyword anda. Keyword density antara 2-3% cukup bagus. Ini artinya keyword (kata kunci) anda harus digunakan 2-3% kali isi konten laman anda. Jadi, untuk sebuah laman yang mengandung 600 kata, maka keyword anda harus muncul sebanyak 12-18 kali (600 x 2% atau 600 x 3%) di laman tersebut. Namun bukan hanya sekedar keyword targeting. Konten anda harus akurat, mudah diba dan mudah dipahami oleh pengunjung - dan paling penting harus unik (khas).

Anda harus menggunakan semua teknik search engine optimization sebisa mungkin saat membangun situs anda. Hal ini bukan hanya menarik iklan yang tepat, tetapi juga membantu situs anda naik peringkat di hasil pencarian dengan tujuan menarik pengunjung yang lebih banyak ke situs anda.

Kini anda sudah siap meletakkan kode script Adsense di situs anda. Masuklah ke account Adsense anda. Klik tab Adsense Setup dibagian atas halaman ini. Selanjutnya klik Palettes dan buatlah color palette yang cocok dengan situs anda. Anda perlu agar iklan Adsense anda menyatu dengan situs anda. Anda ingin agar iklan itu nampak sebagai bagian dari konten situs anda. Setelah anda selesai mengatur palette yang cocok dengan situs anda, klik Products.
Pilihlah Adsense For Content untuk membuat iklan Ad Unit anda. Disini anda bisa memilih iklan yang berada didalam kotak atau iklan yang free-standing, namun masih berupa text-links. Baik juga memilih Link Unit ditambahkan diatas atau dibawah link navigasi anda, dan anda bisa mendesain link navigasi situs anda agar kelihatan seperti Link UnitGoogle.

Anda bisa menggunakan Ad Units (dalam kotak) pada bagian lain situs anda. Idealnya, anda menggunakan “text ads only” pada setting iklan anda. Perhatikan bahwa Google membatasi jumlah iklan yang dapat digunakan dalam satu halaman. Silahkan periksa Terms Of Service (TOS).

Kelihatannya mudah, namun butuh pemikiran dan upaya agar bisa menghasilkan uang yang memadai karena,ingat harga sebuah klik hanya beberapa sen dollar per click.
Para penayang Adsense yang sukse men-target-kan keywords yang bernilai tinggi. Mereka menggunakan beberapa tools untuk mendapatkan keywords yang bernilai tinggi, misalnya Wordtracker (http://www.wordtracker.com) dan Keyword Elite (http://www.keywordelite.com).
Mereka ini secara serius melakukan riset tentang keywords, mencari keyword paling populer, dalam arti jumlah orang yang mencari dengan menggunakan keyword tersebut, dan apa kombinasi kata yang digunakan. Inilah kata-kata dan frasa yang mereka targetkan dalam konten situs mereka. Selanjutnya mereka mencari dari keyword paling populer tersebut yang mempunyai nilai per click paling tinggi. Mereka menggunakan tools yang disediakan oleh Google untuk membantu mereka mencari keyword yang paling bernilai tinggi. Namun tools ini tidak ada pada Google Adsense tetapi ada pada saudara kembarnya, Google Adwords.

Perhatikan, bahwa Google mempunyai dua program yang bekerja bersamaan : Google Adsense dan Google Adwords. Pemilik usaha menggunakan Google Adwords untuk mempromosikan produk/jasa dan website mereka, dan iklan-iklan merekalah yang muncul dalam iklan Google Adsense. Pemilik usaha tadi membayar Google untuk setiap klik yang tercipta di situs anda, dan Google membayar anda atas jasa menciptakan klik tersebut. Untuk mendapatkan account Google Adwords anda tidak perlu membayar alias gratis. Bila anda sudah memiliki account Google Adwords, masuklah kesana dan mulailah menggunakan tools yang ada disana untuk mengetahui berapa nilai penawaran untuk keyword yang anda temukan dengan menggunakan alat pencari keyword seperti WordTracker dan Keyword Elite. Dengan melakukan ini, anda memiliki akses ke informasi yang sama dimiliki oleh orang yang membayar untuk beriklan, dan ini akan membantu anda untuk membangun situs Adsense yang lebih berhasil dalam cari duit lewat internet. Ini adalah taktik yang tidak akan disampaikan oleh Google. Punya account Google Adwords adalah kunci utama untuk mengetahui keyword yang akan membayar anda dengan harga per click paling tinggi.

Namun, memilih keyword bernilai tinggi yang tepat bukanlah segalanya; anda butuh traffic (pengunjung) dalam jumlah besar karena situs dengan traffic rendah tidak bisa “bikin anda hidup”. Hal inilah alasan mengapa banyak penayang memiliki lebih dari satu website atau blog. Mereka mencari keyword populer dalam jumlah pencarian, menemukan keyword yang bernilai tinggi, dan membuat website dalam jumlah besar. Seorang penayang Adsense yang sukses mungkin memiliki situs dengan berbagai topik misalnya topik tentang memancing, penurunan berat badan, video games, cari duit, dan banyak lagi. Jika anda punya sejumlah website atau blog, anda “bisa hidup” dengan jumlah pengunjung menengah untuk masing-masing situs. Oleh sebab itu jika anda punya ratusan situs, maka anda akan “bisa hidup” dengan jumlah pengunjung sedikit. Jadi, semakin banyak pengunjung situs anda, amkin sedikit situs yang anda butuhkan agar anda “bisa hidup” dari Adsense
 

©2009 Adsense | by TNB