Senin, 23 Februari 2009

Meningkatkan pendapatan Google Adsense

Ada sembilan cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan pendapatan anda dari Google Adsense :

1. Buatlah Jaringan Website atau Blog – Seperti diketahui ada dua cara untuk bisa sukses dengan menjalankan Adsense. Pertama, anda harus memiliki sebuah situs yang mampu menarik pengunjung yang ramai dan aktif, atau kedua, anda harus memiliki banyak situs dengan jumlah pengunjung sedikit atau sedang. Sebagian besar penayang Adsense menjalankan yang kedua. Bila anda hendak membuat website, yang pertama anda lakukan adalah mengusahakan agar situs anda ter-index atau terdaftar pada mesin-mesin pencari utama seperti Google, Yahoo! Dan MSN. Namun situs anda juga harus anda daftarkan di berbagai directory khusus dan gunakan teknik traffic generation misalnya dengan membuat dan menyebarkan artikel, mengikuti berbagai forum, bergabung dalam social networking dan social bookmarking.

2. Pelajari menggunakan Google Analytics – Ini akan memberi anda banyak informasi tentang pengunjung yang datang ke situs anda. Anda dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk membuat penyesuaian atau penambahan/pengurangan pada situs anda, yang akhirnya akan berpotensi meningkatkan pendapatan Adsense anda. Temukan bagaimana pengunjung anda berselancar di situs anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik melalui Google Analytics.

3. Pilihlah Keyword yang tepat – Pilihlah topik berdasarkan keywords yang banyak dicari orang dalam sebulan terakhir, dan kemudian periksa berapa harga per click yang dibayar pengiklan untuk keywords tersebut. Pilihlah keyword yang populer dengan harga tertinggi dan kemudian bahas lebih mendalam dalam niche tersebut.

4. Beri konten yang segar – Buatlah posting atau konten pada situs anda secara regular sehingga pengunjung tetap datang ke situs anda dan memberi anda kesempatan untuk menampilkan iklan yang segar.

5. Pilihlah Format Adsense Ad Unit yang tepat – Ada tiga Ad Unit yang bekerja dengan baik tanpa memandang topik atau tataletak situs keseluruhan, yaitu Ad Unit 336 x 280 Rectangle, Ad Unit 160 x 600 Skyscraper dan Ad Unit 300 x 250 Rectangle.

6. Letakkan jumlah iklan yang diizinkan untuk setiap halaman – Google mengizinkan pemasangan iklan yang terdiri dari tiga Ad Unit, tiga AdLink Unit, serta satu Adsense Search untuk setiap halaman website atau blog (Pastikan hal ini dengan membaca ulang TOS Google). Gunakanlah iklan tersebut seefektif mungkin tanpa menyebabkan situs anda dianggap sebagai spam!

7. Letakkan iklan anda di tempat yang tepat – Mulailah dengan menambahkan Ad Link Unit pada navigasi menu situs anda. Ini akan menghasilkan klik yang banyak. Yang lain adalah dengan menempatkan Ad Unit dibawah headline, Skyscraper Ad Unit di bagian kanan halaman dan Rectangle Ad Unit yang lain di bagian bawah setiap halaman tepat setelah akhir artikel atau tulisan anda.

8. Aturlah palette iklan anda – Iklan anda harus menyatu dengan halaman situs anda. Aturlah palette anda agar warna border menyatu dengan latar belakang halaman web anda. Warna latarbelakang atau background Ad Unit anda juga harus menyatu dengan warna halaman web anda. Warna link pada iklan anda harus sewarna dengan warna link pada halaman web anda.

9. Gunakan Preview Tool dari Google Adsense – Anda bisa mendapatkan tool ini pada account Google Adsense anda. Gunakan untuk melihat bagaimana tampilan iklan anda sebelum mereka tampil secara aktual. Ini akan membantu anda melakukan tweak and tune halaman web anda hingga bisa menampilkan iklan yang sesuai dengan keinginan anda.

Inilah tips-tips yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan pendapatan anda dari menjalankan Google Adsense. Cukup mudah namun pengaruhnya cukup signifikan.
 

©2009 Adsense | by TNB